Membersihkan perangkat keras komputer


:roll: Komputer perlu pembersihan secara berkala. Hal ini tidak hanya akan memberikan performa terbaik komputer Anda, tetapi juga akan mencegah banyak kerusakan komputer tak terduga, Alasan yang jelas adalah, setelah kita menggunakan komputer untuk 6 12 bulan tergantung pada lingkungan, itu akan memiliki lapisan tebal debu yang duduk di atasnya. Hal ini terjadi bahkan ketika posisi kita komputer kita di ruangan yang bersih. Bagian komputer di rumah saya sendiri selalu mengumpulkan cukup banyak debu.terutama di bagian kipas prosessor/hetsink :cool:
Oleh karena itu, dianjurkan untuk memberikan komputer Anda yang membersihkan setiap 6 bulan sekali atau lebih. Namun sebelum kita melakukannya, kita harus melakukan beberapa persiapan. Pertama, mendapatkan secarik kertas, Obeng, screw driver, kuas dan semprot kecil yang dapat membersihkan bagian logam dari sirkuit elektronik.
Ketika kita siap, lepaskan sepenuhnya komputer dan mengambil hanya kasus ke sebuah kawasan ventilasi yang baik. Membuka casing dan catat apa yang anda akan lakukan di bawah ini (Hal ini penting untuk membantu Anda menempatkan kembali dengan benar).

  1. Lepaskan semua perangkat dari catu daya. Ini termasuk hard disk, floppy disk, DVD/CD Rom, kipas CPU, dan catu daya utama steker dari papan utama
  2. Ambil papan utama baterai off.
  3. Membuka tutup semua kartu terpasang seperti Monitor, LAN, Modem, USB, Sound, VGA,dan menarik mereka keluar dengan hati-hati.
  4. Gunakan kuas untuk debu dari semua komponen komputer.
  5. Spray membersihkan papan utama, IC atau chip paku, dan jarum seperti logam bagian dari hard disk, floppy disk dan DVD ROM.
  6. Spray juga semua bagian logam yang menonjol keluar dari papan utama di bagian belakang casing komputer. (Jangan menyeka dengan kertas atau kain jika Anda lebih semprot karena dapat menyebabkan kerusakan pada itu. Hanya membiarkannya kering).
  7. Letakkan kembali semua kartu dan sekrup ketat.
  8. Plug kembali semua jalur pasokan listrik.
  9. Masukkan kembali baterai papan utama.
  10. Tutup kasus dan waktu yang diperlukan untuk bergabung kembali ke monitor, keyboard dan mouse.

mengingatkan:

  1. Pastikan Anda menuliskan rincian ketika Anda membuka tutup mencabut atau hal. Anda akan membutuhkan mereka ketika Anda meletakkan segala sesuatu kembali.
  2. Lakukan dengan lembut dan sabar.
  3. Anda tahu bagaimana untuk me-reset CMOS-BIOS Anda setelah Anda mengembalikan papan utama baterai.pindahkan posisi jumper yang dekat batre CMOS kemudian hidupkan kompi lalu pindahkan jumper ke posisi semula.atau Anda dapat mengabaikan langkah 2 & 9 .

About herman
workhard and be nice to people

7 Responses to Membersihkan perangkat keras komputer

  1. Desmond says:

    you’re really a excellent webmaster. The web site loading pace is incredible. It seems that you are doing any unique trick. In addition, The contents are masterwork. you’ve performed a magnificent task in this subject!

  2. juanda says:

    untuk prosesor kan ada sebentuk kriem yang nempel dan pada hatsing nya,kalau dihilangkan berpengaruh ngak ,kang ?

    • her man says:

      @juanda ya…, sangat berpengaruh, klo di hetsing prosesor gak pake thermal gress/pasta suhu nya tinggi/panas, mengakibatkan kompi lelet/lemot dan kompi akan restart terus karena panasnya terlalu tinggi.

  3. prasetyo says:

    klo untuk membersihkan cassing yang sdh kotor sebaiknya pake alat apa, dan menggunakan cairan apa yang bagus. terima kasih

  4. wah makasih ya caranya , salam kenal🙂

    • her man says:

      @devo Salam kenal balik mas devo.

  5. addiehf says:

    papan casing cpu sy gapernahsytutup, jadinya banyak debu menempel di hardware. thanks kang info tutorial beberesih hardwarna🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: