Rakit PC


PERAKITAN KOMPUTER

pc

Komponen yang Diperlukan :
Komponen utama yang diperlukan dalam merakit sebuah PC sebagai berikut:

  1. Monitor
  2. Motherboard
  3. Memori/RAM
  4. Prosesor
  5. Floppy drive
  6. Harddisk
  7. Keyboard
  8. Mouse
  9. CD/DVD-ROM
  10. VGA card jika tidak ada fasilitas VGA on board pada motherboard
  11. Sound card tidak ada fasilitas on board pada motherboard
  12. Power Suply, kabel Data, dll..

Program atau Software yang Diperlukan.

Siapkan juga disket atau CD yang berisi software sistem operasi dan software aplikasi. Software sistem operasi yang umum digunakan adalah DOS, Windows 98, Windows Milenium, Windows 2000/XP. Sementara itu, software aplikasi yang umum dipakai adalah MS Office. Siapkan juga software aplikasi lain yang kira-kira diperlukan. Saat ini telah muncul beragam software aplikasi yang cukup menarik. Namun, kita harus menyesuaikan software tersebut dengan sistem operasi yang dipakai. Jika software aplikasi tersebut tidak compatibledengan sistem operasi yang kita pakai, bisa dipastikan aplikasi tersebut tidak akan berjalan. Kita bisa bertanya kepada penjual software atau biasanya keterangan tersebut tercantum di label pembungkus CD-nya. Di samping itu, software aplikasi yang akan kita instal juga harus sesuai dengan spesifikasi hardware komputer kita.
Langkah-langkah Perakitan

Siapkan motherboard dan aturlah posisi konektor jumpersesuai dengan yang tertulis pada manualnya. Caranya, cabutlah konektor plastik jumper penghubung pin yang ada padamotherboard. Pindahkan pada posisi lain yang menghubungkan sebuah kaki pin dengan kaki pin lainnya sesuai dengan petunjuk yang tertulis pada buku manual motherboard. Biasanya, produsen motherboard menyebutkan posisi jumper tertentu sesuai dengan jenis prosesor yang akan digunakan. Penyetelan posisi jumper ini memungkinkanmotherboard memberikan listrik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan listrik prosesor yang dipasang.Pengaturanjumper tidak perlu dilakukan jika kitamenggunakan motherboard tipe terbaru. Sistem motherboard terbaru akan mengatur kecepatan clockprosesor yang kita gunakan secara otomatis, kecuali jikakita akan meng -over clocknya.Langkah awal yang harus dilakukan untuk merakit komputer sebagai berikut.
1. Pasanglah prosesor pada soketnya. Sesuaikan tanda yang ada pada prosesor dan soketnya. Perhatikan kode titik atau sisi prosesor yang miring. Tanda tersebut merupakan petunjuk agar bagian prosesor itu dipasang pada bagian soket yang memiliki tanda sama (tidakboleh terbalik). Setelah terpasang, kuncilah tangkai yang terdapat di sisi soket prosesor. Bacalah dengan baik manual prosesor yang biasanya disertakan ketika kita membelinya. Jika kita salah memasang prosesor akan berakibat fatal. Selanjutnya, pasanglah kipas pendingin di atas prosesor yang telah terpasang. Pada Prosesor Pentium III, soket prosesor ada yang dibuat bersatu dengan papan sirkuit khusus. Untuk memasang prosesor ini, cukup dengan memasang papan sirkuit tersebut ke motherboard dan menguncinya dengan baik. Setelah prosesor terpasang, jangan lupa untuk menambahkan sedikit pasta khusus agar posisi permukaan prosesor benar-benar menyatu dengan permukan heatsink kipassehingga panas prosesor akan menyebar dengan sempurna. Terakhir, hubungkan konektor kabel kipas prosesor ke soket yang ada di motherboard.

z

Pemasangan prosesor.

Perhatikan tanda pada soket dan prosesornya.

RAM pada tempatnya dengan baik. Sudutmemori yang biasanya berlekuk dan celah yang berada pada bagian bawah memori harus ditempatkan pada tempatnya secara hati-hati. Jika pemasangannya terbalik, memori akan sulit dimasukkan. Pada jenis memori SDRAM/DDRAM, dudukan memori di motherboard memiliki pengait yang akan bergerak mengunci bersamaan dengan masuknya memori ke dalamnya. Berikan sedikit tekanan hingga pengait memori tersebut mengunci sendiri. Pemasangan kipas prosesor Pemasangan RAM. Tekan memori hingga Pengaitnya mengunci sendiri.

x

gambar pemasangan memory

c


Pasanglah harddisk, DVD/CD ROM drive, dan floppy drivepada tempat yang telah tersedia di casing. Kencangkan dudukannya dengan baut secara hati-hati. Sambungkan kabel power suplai ke slot power yang terdapat di harddisk, flopy drive, dan CD-ROM drive.Sesuaikan konektor kabel dengan dudukannya.Perhatikan sudut konektor plastik pada kabel tersebut. Konektor ini sudah dirancang sesuai dengan dudukan yang terdapat pada harddisk, flopy drive, atau CDROM drive

. Jika terbalik, konektor tersebut akan sulitdimasukkan.

Pemasangan harddisk, FDD, dan dvd/cd rom

data

Sambungkan kabel data dari floppy drive ke slot yangada di motherboard. Sambungkan juga kabel data dari harddisk ke slot IDE nomor 1 dan kabel data dari CD ROM ke slot IDE nomor 2 yang ada di motherboard. Sisi kabel berwarna merah harus menempati kaki nomor 1 pada tiap slot. Kita bisa melihat keterangan yang tertulis di motherboard atau di manual motherboard. Pasanglah VGA card (jika motherboard tidakdilengkapi fasilitas VGA on board) pada slot yangsesuai dengan tipenya. Jika VGA card yang digunakanadalah jenis ISA, tempatkan card tersebut pada ISA slotdi motherboard. Begitu juga dengan VGA card jenisAGP dan PCI. Pemasangan kabel data ke motherboard Pemasangan VGA card jenis PCI

n1

Langkah selanjutnya adalah pemasangan kabel-kabel ke PIN group. Hubungkan konektor kabel penghubung tombol reset ke pin reset yang terdapat padamotherboard. Hubungkan juga konektor kabel penghubung speaker ke pin yang bertuliskan speaker (sering ditulis dengan kode LS) yang ada pada motherboard. Pada beberapa casing telah dilengkapi dengan kabel lampu indikator beserta kabel penghubung speaker dan tombol reset lengkap dengan konektornya. Dengan demikian, kita tinggal menghubungkannya ke motherboard..Pasang kabel data dari monitor ke slot yang terdapat di VGA card. Konektornya berbentuk trapesium dan memiliki 3 deret kaki yang tersusun rapi. Pasang konektor keyboard ke slot keyboard dan konektor mouse ke slot mouse yang terdapat di motherboard. Pada jenis P/S2, kedua konektor ini memiliki bentuk yang sama. Perhatikan tanda yang ada di samping slot masing-masing. Pasang kabel listrik (power) dari layar monitor ke slot power yang terdapat di bagian belakang power suplai yang telah terpasang pada casing CPU. Jika konektornya tidak cocok atau tidak ada slot power ke monitor, pasang kabel listrik tersebut ke jala-jala listrik rumah. Selanjutnya, pasang kabel listrik untuk CPU ke slot yang terdapat pada power suplai.

Pemasangan kabel pada PIN group

e

Setelah selesai dirakit, komputer tidak bisa langsung digunakan. Kita harus mengatur program BIOS dan menginstal program sistem operasinya terlebih dahulu. Sebelum mengatur program BIOS, sebaiknya cek kembali semua langkah yang telah kita lakukan tadi.Perhatikan, posisi jumper jangan ada yang salah,demikian juga prosesor, RAM, dan kabel-kabel penghubung

Bagian belakang CPU setelah selesai dirakit

f

About herman
workhard and be nice to people

9 Responses to Rakit PC

  1. Jim says:

    nice info mas ,

  2. Riesha says:

    saya ada mslh mngnai pmsangan kbl power, reset niyy…
    Gmna ya solusi mudah agr dpt mmsang kbl itu tnpa mnggunakan ptunjuk?

  3. Mr. Limbah says:

    Ane da masalah dikit ni…
    Buku mobo ilang, jadi bingung mw konekin tombol power, reset, lampu,…
    mana merk mobo’y lupa lagi…
    Biasa’y dia bakal ketahuan d mana ya?, maksud’y ada kode pa ga gitu kegh speaker, usb, dll….

  4. nadia z says:

    tolong perjelas doong bagian belakan di CPU itu buat apa aja ? dihubungkan kemana aja ? soalnya ada tugas nih hehehe . makasih yaa🙂

    • her man says:

      @Nadia pada bagian blakang
      Input/Output Unit

      Input/Output Unit merupakan bagian dari komputer untuk menerima data maupun mengeluarkan/menampilkan data setelah diproses oleh Processor. Untuk mempermudah pembahasan tentang Input/Output unit, akan dijelaskan dalam dua bagian, yaitu :
      • Port I/O
      • Peripheral I/O
      Port I/O
      Port I/O merupakan Port atau Gerbang atau tempat dipasangnya conector dari peralatan I/O. Dimana setiap port I/O dibawah kontrol dari Processor.
      1. Port Paralel (LPT1 atau LPT2)
      Merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara parallel. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah : Printer, Scanner dll.
      2. Port Serial (Com1, Com2 )
      Merupakan port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah : Mouse, Modem , dll.
      3. Port AT / PS2
      Port ini umumnya digunakan untuk masukan dari Keyboard, Mouse.
      4. USB Port
      USB Port (Universal Serial Bus ) Port merupakan Port Serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh Perlatan yang menggunakan USB port : Camera Digital
      5. Port VGA
      Merupakan port yang berhubungan langsung dengan monitor. Port VGA didapatkan dari pemasangan VGA Card.
      6. Port Audio
      Merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti Tape, Radio, Speaker, Microphone, dll.
      Peripheral I/O
      Peripheral adalah sesuatu yang mengacu ke peralatan external yang dihubungkan dengan
      komputer. Peripheral komputer dapat dibagi ke dalam dua kategori berdasarkan fungsi.
      Kategori pertama terdiri atas peralatan yang melaksanakan operasi input dan output,
      kategori ini meliputi keyboard, trackball, mouse, printer, dan display video. Kategori
      kedua terdiri atas peralatan yang diutamakan pada penyimpan data sekunder, yang mana
      penyimpan utamanya disediakan oleh memori utama komputer.Ada banyak sekali
      peralatan penyimpan, seperti disk magnetic, optical disk, magnetic tapes, yang mampu
      untuk menyimpan data yang besar.
      Pada modul ini akan dikenalkan peralatan yang umum digunakan pada Personal
      Computer (PC) :
      • KeyBoard
      • Monitor
      • Mouse
      • Printer
      • Scanner
      • Disk Drive,
      • CD ROM Drive

  5. hermants says:

    @junita pc nya pentium brp?AMD/Intel/ krn setiap type/jnis mbord pnya kelemahan/klebihan msing2.ga hidup kmungkinanya banyak! ga slalu mboardnya.aja..(mhon lbh detil)

  6. JUNITA says:

    TOLONG SAYA DIBANTU, PAK SAYA MAU NAYA NICH KOMPUTER AKU GAK BISA HIDUP, APA MASALAH DI MOTHERBOARDNYA.

  7. koq artikelnya kacau, nih! tolong dicek.

    • xher says:

      iya…nich krng teliti ga di cek lagi..WP nya g eror kali.pdhal udh benr di tlisnya pas di publikasikn ko jd brantakan artiklnya..jd script yg keluar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: